Perbedaan USART dan UART,SPI dan SCI, DAC dan ADC

a. Perbedaan USART dan UART.
USART memungkinkan transmisi data baik secara syncrhronous maupun asyncrhronous, sehingga dengan memiliki USART pasti kompatibel dengan UART. Pada ATmega8535, secara umum pengaturan mode syncrhronous maupun asyncrhronous adalah sama. Perbedaannya hanyalah terletak pada sumber clock saja. Jika pada mode asyncrhronous masing-masing peripheral memiliki sumber clock sendiri, maka pada mode syncrhronous hanya ada satu sumber clock yang digunakan secara bersama-sama. Dengan demikian, secara hardware untuk mode asyncrhronous hanya membutuhkan 2 pin yaitu TXD dan RXD, sedangkan untuk mode syncrhronousharus 3 pin yaitu TXD, RXD dan XCK.
Pada transimi sinkron (USART) pengirim akan mengirimkan clock / timing signal sehingga device penerima tahu kapan membaca bit data berikutnya. • Transimisi asinkron (UART) mengijinkan pengirim tidak memberikan clock sinyal pada penerima, sebagai gantinya untuk memulai transmisi pengirim mengirimkan start bit pada tiap byte data yang dikirimkan dan diakhiri dengan stop bit.

b. Perbedaan SCI dan SPI
Perbedaan utama SCI dan SPI adalah pada SCI tidak membutuhkan sinyal clock (bersifat asynchronous).
c. Perbedaan DAC dan ADC
DAC berkebalikan dengan ADC, fungsi DAC adalah mengubah data digital menjadi data analog sedangkan fungsi ADC adalah mengubah data analog menjadi data digital.
ADC (Analog Digital Converter) berfungsi merubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Sinyal analog yang berbentuk gelombang diubah menjadi sinyal digital dalam bentuk bit. DAC berkebalikan dengan ADC, fungsi DAC adalah mengubah data digital menjadi data analog Dalam ADC Pada proses perekaman suara, suara direkam melalui mic kemudian disimpan dalam bentuk digital seperti MP3/WAV . Sedangkan pada DAC paling mudah adalah mengubah data mp3 menjadi suara yang dikeluarkan oleh speaker. Pada line telepon ADC berfungsi mengubah suara menjadi pulsa listrik untuk ditransmisikan sedangkan DAC mengubah pulsa listrik menjadi suara yang bisa didengar penerima telepon

Previous
Next Post »

Berkomentarlah yang saling membangun dan sesuai topik yang diisajikan,
Dilarang menyematkan hal yang berbau link dan berkomentar kotor.
EmoticonEmoticon