Media Transmisi Data


Selamat bertemu kembali teman-teman dengan saya. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang media transmisi data. Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan tentang standar komunikasi data, nah sekarang adalah melanjutkan ke materi lain. Inti dari materi ini adalah bagaimana data disalurkan ke perangkat lain agar komunikasi dapat terjadi, untuk itu langsung saja berikut materinya.




MEDIA TRANSMISI DATA

 

A. Media Kabel


Penggunaan kabel sebagai media transmisi digunakan ketika jarak sumber dan penerima tidak terlalu jauh, biasanya penggunaan kabel hanya untuk area lokal saja. Jenis kabel yang digunakan untuk media transmisi, yaitu :
  • Coaxial Cable
    Coaxial cable adalah kabel yang dibungkus dengan metal lembek, kabel ini memiliki tingkat transmisi data yang lebih tinggi dibandingkan dengan kabel biasa, namun harganya relatief lebih mahal dibandingkan kabel biasa.

  •  Fiber Optic Cable
    Fiber Optic Cable adalah jenis kabel yang terbuat dari serabut kaca (optical fibers) yang tipis dengan diameter sebesar rambut manusia. Fiber optic cable memiliki tingkat kecepatan pengiriman data sepuluh kali lipat lebih besar dari coaxial cable.

B.    Media Radiasi Elektromagnetik


Bila sumber data dan penerima berada dalam jarak yang jauh, maka media transmisi yang digunakan adalah media radiasi elektromagnetik yang dipancarkan melalui udara terbuka, yang dapat berupa gelombang mikro (microwave), sistem satelit dan sistem laser.
  • Microwave
    Microwave merupakan gelombang radio frekwensi tinggi yang dipancarkan dari satu pemancar ke pemancar lainnya. Microwave merupakan gelombang yang tidak boleh terhalang (line of sight) oleh bangunan, bukit, dan gunung. Cakupan wilayah yang dapat dijangkau oleh microwave adalah sebesar 30 sampai dengan 50 kilometer, untuk itu diperlukan stasiun-stasiun relay untuk memperkuat sinyal diantara sumber sampai dengan penerima sinyal.  
  • Satellite System
    Keterbatasan microwave adalah tidak boleh terhalang dan cakupan jangkauan yang tidak begitu luas. Maka stasiun pemancar microwave di bumi pada lokasi ter entu akan memancarkan sinyalnya ke satellite di luar angkasa, yang berfungsi sebagai stasiun relay, untuk kemudian mengirimkannya kembali ke stasiun microwave di bumi pada lokasi lainnya yang ingin dituju. Walaupun tidak mampu menembus gedung, bukit dan gunung namun gelombang mikro mampu merambat di ruang hampa udara. Pada saat ini untuk menjangkau keseluruhan permukaan bumi dibutuhkan tiga buah satellite.
  • Sistem Laser
    Teknologi sinar laser saat ini sudah digunakan namun dibutuhkan banyak pengembangan, tetapi di masa yang akan datang para ahli teknologi informasi meramalkan penggunaan sinar laser akan lebih optimal daripada media transmisi yang ada sekarang ini. Melalui penggunaan sinar laser maka akan mengurangi pengeluaran untuk biaya transmisi.
 Jadi itulah media yang digunakan untuk mentransmisikan data untuk berkomunikasi. Tanpa adanya media tentu saja mustahil komunikasi dapat dilakukan. Cukup sekian artikel ini saya sampaikan, apabila ada kesalahan mohon kritik dan solusinya. Terima Kasih.

"Berbagilah ilmu yang kita punya"
Previous
Next Post »

Berkomentarlah yang saling membangun dan sesuai topik yang diisajikan,
Dilarang menyematkan hal yang berbau link dan berkomentar kotor.
EmoticonEmoticon