Membuat Hotspot Wi-Fi Portabel dengan Android


Mungkin bagi orang yang masih awam masih bingung dengan fitur tethering Wi-Fi yang tertanam di gadget Androidnya. Wi-Fi tethering adalah cara umum dan mudah untuk berbagi koneksi internet via handphone yang mendukung Wi-Fi share. Jadi dengan fitur tersebut kita dapat membuat hotspot portabel yang dapat kita gunakan untuk berbagi koneksi internet bersama orang lain dengan perangkat Android. Selain praktis, dengan cara ini kita juga tidak perlu takut apabila lupa membawa modem saat berbergian membawa Notebook tapi membutuhkan koneksi internet.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana membuat hotspot dengan perangkat Android kita. Perangkat gadget yang saya pakai masih mengusung Android 4.1.2 (Jelly Bean) jadi apabila perangkat kalian versinya lebih tinggi atau rendah mohon menyesuaikan, saya juga minta maaf apabila kalian nantinya bingung dengan tampilan yang berbeda karena dalam tutorial ini saya menggunakan perangkat dengan vendor asal Korea Selatan, tetapi  kustomisasi Android setiap vendor sepertinya juga tidak berbeda jauh.

Alat dan bahan yang kita butuhkan hanyalah perangkat Android yang mendukung Wi-Fi tethering dan paket internet. Berikut caranya membuat hotspot portabel dengan perangkat Android:
Bacalah basmallah terlebih dahulu agar tidak terjadi kendala.
  1. Pertama kita aktifkan terlebih dahulu pake data, dan pastikan koneksi internet berjalan lancar.
  2. Setelah itu kita masuk Pengaturan perangkat. Lalu pilih Pengaturan lainnya.
  3. Lalu kita pilih Tethering dan portabel hotspot.
  4. Kemudian pilih Hotspot Wi-Fi portabel. Lalu pilih Konfigurasi untuk melakukan pengaturan.
  5. Berikan konfigurasi sesuai keinginan Anda. Keterangannya adalah
    SSID Jaringan : Nama hotspot yang akan ditampilkan.
    Pengaman : Jenis pengamanan yang dipilih, pilih Buka file(open file) bila tidak ingin memberikan password pada hotspot. Sedangkan WPA PSK dan WPA2 PSK adalah jenis pengamanan dengan password.
    Kata sandi : Berikan katasandi pada kolom ini.
  6. Setelah itu pilih Simpan.
  7. Lalu ketuk tanda panah di samping kanan nama hotspot atau ketuk pada nama hotspot. Agar semua perangkat dapat terkoneksi pilih Bolehkan semua perangkat tetapi bila ingin hanya beberapa perangkat yang diizinkan pilih Hanya perangkat yang diizinkan.
  8. Setelah pengaturan selesai hidupkan hotspot dengan menggeser atau mengetuk tombol power virtual yang berada di pojok kanan atas hingga menjadi hijau.
    Cara agar tersambung dengan perangkat lain sudah dijelaskan pada gambar dibawah ini.
    1.  
    9.Jika koneksi berhasil maka perangkat yang tersambung akan terdeteksi seperti berikut.

    Begitulah cara membuat hotspot portabel dengan perangkat Android. Cara tersebut dapat menjadi alternatif bila kita tidak memiliki modem untuk koneksi internet pada Notebook.
    Jangan lupa mengucapkan hamdallah apabila kita sukses melakukan sebuah kegiatan.
Previous
Next Post »

Berkomentarlah yang saling membangun dan sesuai topik yang diisajikan,
Dilarang menyematkan hal yang berbau link dan berkomentar kotor.
EmoticonEmoticon