Tips Kopdar yang Aman


 Tipas Aman Kopdar
Sumber Gambar : Kaskus
Pengertian kopdar  yang merupakan kependakan dari kopi darat alias ketemuan adalah sebutan ketika teman yang tadinya hanya kenal di internet akhirnya ketemuan di dunia nyata. Biasanya ini terjadi kalo mereka udah saling percaya(Baca : Cara Simpel Dapetin Temen Asyik di Sosial Media).
Tapi akhir-akhir ini banyak orang yang dirugikan karena melakukan kopdar dengan teman yang dikenalnya melalui internet, contohnya saja modus penculikan remaja yangg sering terjadi akibat berkenalan di Facebook. Bahkan juga ada kopdar yang berakhir penipuan. Nah, gimana tuh kalau sudah begitu?

Pada kesempatan kali ini saya akan memberi tips bagaimana melakukan kopdar yang aman yang bersumber dari Internet Sehat dengan sedikit penyesuaian, setidaknya tips ini dapat meminimalisir hal negatif yang mungkin bisa terjadi. Berikut tips-tipsnya :
  1. Pastikanlah !
    Pastikanlah orang tersebut:
    • Memiliki Identitas yang Jelas
      Coba sebelum kamu lakukan kopdar yang bersifat pribadi(bukan komunitas) pastikan orang yang bersangkutan identitasnya jelas. Siapa tau ternyata orang yang kita kenal tersebut hanya membubuhkan identitas palsu melalui akun media sosialnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan cara kamu minta foto kartu identitas dia, sehingga kemungkinan identitas palsu dapat diperkecil.
    • Memiliki Teman yang Sama
      Maksudnya adalah kita harus memiliki teman yang setidaknya mengenal orang yang akan kita ajak kopdar. Dengan begitu kita dapat mudah melacak orang tersebut apabila kita mengalami hal yang merugikan saat melakukan kopdar.
    • Dapat Dipercaya
      Dengan melihat aktivitasnya di internet mungkin kita dapat menganalisa orang tersebut. Cobalah melakukan analisa orang tersebut dengan melihat interaksinya dengan orang lain. Apabila terlihat mencurigakan tentu saja lebih baik kita hidari kopdar dengannya. Penilaian ini mungkin kamu membutuhkan bantuan orang lain untuk berpendapat.
  2.  Kenali Benar-benarDengan mengamati tingkahnya di sosial media seperti bagaimana dia memperbarui status, cara dia berkomentar dan lainnya. Apabila dia memang terlihat condong ke hal negatif seperti aktivitasnya di sosial mengundang keributan lebih baik kita hindari untuk kopdar bersamanya. Jadi lebih bijak kamu tetep berteman di dunia maya saja.
  3. Tidak Ada Paksaan
    Tentu saja bila kita ingin bertemu seseorang umunya atas kemauan diri sendiri dan tidak ada yang memaksa. Seperti halnya kopdar, kopdar bakal lebih sreg kalo kedua pihak memang berkeinginan untuk bertemu.
  4. Otak Dalam Keadaan Sadar
    Yang saya maksud adalah bukan hanya keinginan untuk mencari teman saja, tetapi kita juga harus benar-benar sadar sebelum kopdar. Jangan berpikir kalau kita baru bete terus cari temen baru, diajak curhat juga langsung percaya. Jadi kita harus dalam keadaan yang gak galau untuk mengamankan diri kita.
  5. Jangan Sendirian
    Sudah jelas apapun itu apa bila bertemu dengan orang asing lebih baik mengajak orang lain yang dekat dengan kita. Lebih bijak kamu ajak teman atau orang yang lebih tua tapi cocok sama kita. Tetapi kebanyakan sekarang kopdar dilakukan oleh komunitas, so aman-aman saja bila begitu.
  6. Di Tempat Publik
    Yap ! Jangan mau diajak kopdar ditempat yang tertutup seperti kost, hotel atau sejenisnya. Carilah tempat kopdar yang berada di tempat publik seperti mall,kafe, atau restoran. Dengan berada di keramaian kemungkinan kita akan lebih merasa aman.
Nah, itulah tips bagaimana  kopdar yang aman. Kopdar emang seru karena nantinya bakal nano-nano karena kita belum saling menganal satu sama lain. Belum nantinya kita malah kecewa karena ternyata orangnya berbeda drastis antara di dunia maya dan dunia nyata. Walaupun begitu kopdar bakal nambah pengalaman kamu.

Tapi ingat, jangan mudah percaya dan tetaplah waspada. Waspada akan meminimalisir kemungkinan buruk yang akan terjadi. Semoga tips yang telah saya sebutkan berguna dan membantu kalian untuk berkenalan dengan orang asing.

"Berbagilah ilmu yang kita punya"
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Zoomx Satriyo
AUTHOR
March 27, 2015 at 10:24 AM delete

Bener sekali tips diatas..kopdar memang harus tetap waspada..

Reply
avatar

Berkomentarlah yang saling membangun dan sesuai topik yang diisajikan,
Dilarang menyematkan hal yang berbau link dan berkomentar kotor.
EmoticonEmoticon