Cek! Apakah Situs Anda Sudah Mobile Friendly?

Sumber Gambar : Shutterstock

Berita buruk atau berita baik bagi para publisher blog maupun situs lainnya bahwa status mobile friendly sebuah situs akan sangat berpengaruh pada hasil pencarian Google. Dikabarkan bahwa pada tanggal 21 April 2015 Google akan menerapkan algoritma baru untuk layanan search engine miliknya. Algoritma tersebut bekerja agar situs-situs yang memiliki optimalisasi mobile lebih baik akan memiliki peringkat yang lebih tinggi. Dengan kata lain, situs yang memiliki template yang mobile-friendly atau dikatakan responsive akan lebih berpeluang untuk tampil di halaman utama pencarian Google. Sehingga situs yang lebih mobile friendly akan mendapat dorongan lebih baik dalam peringkat hasil pencarian.

Bagaimana algoritma ini bekerja tidak dijelaskan namun untuk mengumpulkan data sebuah situs, Google telah mengumpulkan informasi dari "Googlebot" untuk memperbarui peringkat teratas search engine dalam beberapa bulan terakhir. Karena Google indexes search akan lebih menitikberatkan pencarian terhadap perangkat mobile, lalu bagaimana cara kita mencari tahu apakah situs kita telah mobile friendly atau belum?

Caranya mudah sekali ! Untuk mengetahuinya kita dapat menggunakan Google Developes Tools.
  1. Pertama kita buka halaman Pengujian Situs Mobile Friendly
  2. Kemudian masukan alamat situs kita pada form masukan URL laman web.
  3. Setelah selesai memasukan alamat URL kita klik Analisis.
  4. Kemudian kita tunggu hasil analisa sampai selesai. Berikut contoh hasil analisa yang telah saya lakukan dibeberapa situs yang saya miliki.
    Contoh situs yang mobile friendly (http://blog.ragiltriatmojo.id)
    Contoh situs yang tidak mobile friendly (http://smkn2depoksleman.sch.id)
Nah itulah cara bagaimana mnengecek apakah situs kita telah mobile friendly. Dengan melihat hasil analisa situs yang kita kelola kita dapat mengerti langkah apa yang dapat kita ambil agar situs tersebut dapat bersaing pada hasil pencarian mobile. Lalu apakah blog saya ini sudah mobile friendly? Coba saja kalian cek pada tool Google tersebut.
Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
Ramadhan Yoga
AUTHOR
April 1, 2015 at 8:01 AM delete

Sip bro.. Punya saya sudah friendly juga :D

Reply
avatar
Irvan Prastyo
AUTHOR
April 2, 2015 at 6:16 AM delete

punya saya mobile friendly juga :) :)

Reply
avatar
faisal rezaf
AUTHOR
April 3, 2015 at 4:19 PM delete

punya saya mobile friendly alhamdulillah

Reply
avatar

Berkomentarlah yang saling membangun dan sesuai topik yang diisajikan,
Dilarang menyematkan hal yang berbau link dan berkomentar kotor.
EmoticonEmoticon