Instalasi Winbox dengan Wine di Linux dan macOS

Bicara tentang winbox, siapa admin jaringan yang tidak familiar dengan Winbox? Ya, karena dengan Winbox kita dapat mempermudah pekerjaan dalam mengkonfigurasi perangkat Mikrotik.

Winbox saat ini hanya tersedia untuk sistem operasi Windows, dengan keterbatasan tersebut tentu sedikit mengecewakan bagi pengguna Linux atau macOS karena tidak mendapatkan aplikasi official dengan dukungan OS sendiri.

Winbox
Winbox
Namun keterbatasan tersebut dapat diatasi dengan adanya software Wine. Bagi orang awam tentu akan kebingungan jika mereka menggunakan sistem operasi Linux atau macOS untuk menjalankan Winbox tersebut apabila tidak menegetahui adanya aplikasi Wine untuk menjalankan program Windows di OS mereka.

Kenapa tidak melalui Webfig saja untuk konfigurasi secara GUI? Memang bisa namun menurut saya webfig masih kurang ampuh untuk konfigurasi tertentu.

Nah langsung saja kita bahas cara menjalankan Winbox dengan Wine. Pada artikel ini saya menggunakan macOS dan WineBottler, namun untuk Linux saya rasa tidak berbeda jauh.
Software yang dibutuhkan adalah Wine dan Winbox. Kedua software dapat di download di situs resmi masing-masing.


Setelah mendownload Wine dan Winbox, pertama kita install terlebih dahulu Wine yang telah kita download.


Setelah terinstall kita buka WineBottler. Pada tampilan awal kita akan disajikan beberapa pilihan aplikasi windows. Untuk melakukan pemasangan aplikasi secara mandiri pilih tab Advanced.


Pada tab ini akan ada banyak opsi untuk penginstalan aplikasu Windows seperti berikut.

Setting Installer wine

Untuk melakukan instalasi Winbox pilih master file dan pilih 'This is the Actual Program" dan biarkan pengaturan lain agar tetap default. Kemudian klik Install. Jangan lupa memberikan nama aplikasi dan lokasi penyimpanan setelah klik Install.

Setting Installer wine

Tunggu proses instalasi selesai. Hasil akhirnya nanti akan muncul program Winbox namun dengan ektensi sesuai program OS.


Setelah jadi tinggal kita jalankan program Winbox yang telah dipasang dengan Wine. Cukup seperti menjalankan program biasanya.

Winbox MacOS OS X

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca yang masih kebingungan saat menggunakan OS Linux atau macOS tapi memerlukan Winbox. Apabila masih kebingungan atau ada pertanyaan silahkan berkomentar pada kolom yang sudah disediakan.
Previous
Next Post »

Berkomentarlah yang saling membangun dan sesuai topik yang diisajikan,
Dilarang menyematkan hal yang berbau link dan berkomentar kotor.
EmoticonEmoticon