Tips Agar Komputer-Laptop Windows Bebas dari Virus dan Adware

Beberapa minggu ini masih sangat trend tentang ransomware 'WannaCRY' yang heboh disejagat dunia nyata ataupun maya. Belum lama juga, saya sebagai orang yang terkena kutukan 'anak IT' ditanyai dan diminta tolong oleh seorang teman tentang datanya yang hilang terkena virus. Bukan sekedar itu saja namun juga dimintai kejelasan seputaran ransomware yang sangat ditakuti anak sekolahan bin anak laporan.

Membersihkan komputer dari virus dan adware

Nah pada postingan kali ini saya akan berbagi tips cara menangkal virus pada sistem operasi Windows, ntah virus itu berupa malware, adware, ransomware ataupun exploit.

Langsung saja kita ke poin-poinnya, yaitu:
  • Jangan Sembarangan Tancap Flashdisk/Harddisk Eksternal
Ya ! Jangan asal menancapkan flashdisk ke komputer/laptop setelah kita gunakan di komputer orang lain. Hal ini karena kita tidak tau apakah komputer yang kita gunakan sebelumya terkena virus yang  dapat menyebar atau tidak. Paling sering adalah kita mendapatkan 'oleh-oleh' virus sehabis menggunakan dan mengcopy data dari komputer umum di warnet atau percetakan. Sedangkan jenis virus yang paling sering muncul adalah tipe virus shortcut. Virus ini biasanya akan mengubah isi flashdisk menjadi shortcut dan menyembunyikan file aslinya(data masih bisa diselamatkan).

Hal yang harus dilakukan adalah pastikan kita memiliki antivirus yang ampuh untuk menangkal virus nakal seperti ini. 

  • Jangan Sembarangan Download Aplikasi
Siapa yang tidak butuh aplikasi? Semua orang pasti membutuhkannya untuk membantu pekerjaan ataupun sekedar untuk hiburan. Dalam hal ini saya titik beratkan ke aplikasi bajakan aka cracked. Mengapa? karena aplikasi bajakan maupun yang menggunakan keygen cenderung sudah disisipi program  jahat ntah itu spyware, adware ataupun yang lain.  Walaupun tidak semua aplikasi bajakan mengandung program jahat tersebut.

Contoh simpelnya adalah sehabis intall aplikasi tiba-tiba komputer terasa lemot dengan reource yang tinggi. Saat dicek ternyata crack yang digunakan sedang mengekpoitasi komputer kita.

Jadi sebisa mungkin gunakan aplikasi yang didownload dari situs resmi dan menggunakan lisensi original.

  • Pandai-pandai Memilih Program Utility Gratis
Program Utility? Itu lo program yang buat tune up komputer, bersihin cache, sampah dll. di komputer. Biasanya kalo ini program abal-abal malah buat komputer kita lemot dan penuh iklan. Makanya kalo pengen instal ini program mending tanya temen yang lebih paham biar dikasih saran.
  • Hati-hati Saat Klik Link Download/Rujukan
Nah yang satu ini penting banget buat anime atau drakor lovers. Kenapa? Karena biasanya situs download film bajakan cenderung 'sembarangan' dalam memasang iklan. Biasanya beberapa iklan nyusup link yang mencing kita buat download aplikasi buat ngambil film yang kita cari. Padahal terkadang itu yang kita download adalah iklan plus ntar malah datengin iklan yang lebih banyak alias adware.

Gak cuma itu aja, kadang beberapa penayang iklan juga sembarangan ngasih script, jadi ada script jahat yang mereka pakai buat nyuri data yang kita pake buat browsing.
  • Cermati Isi Email
  • Update Windows
  • Buat Restore Point dan Backup Data
  • Install Anti Virus
  • Gunakan Fitur 'Read-Only'
 Selain beberapa poin diatas kita juga perlu melakukan kewajiban yaitu rutin mengupdate patch keamanan pada Windows. Hal ini penting banget karena bisa nambal celah yang ada pada windows. Jika dirasa kurang kita pun bisa menginstall anti-virus pihak ke tiga.

Nah mungkin itu saran yang bisa saya sampaikan biar komputer kita aman dari virus maupun adware yang sangat menjengkelkan dan berbahaya bagi data pribadi kita.

Jangan Lupa Share ya.

Previous
Next Post »

Berkomentarlah yang saling membangun dan sesuai topik yang diisajikan,
Dilarang menyematkan hal yang berbau link dan berkomentar kotor.
EmoticonEmoticon