Cara Mematikan Auto Update Aplikasi di Android

Ingin mematikan update otomatis pada aplikasi di Android? Tentu saja beberapa orang ingin mematikan fitur auto update android tersebut. Beberapa alasan yang sering saya temui adalah karena memori internalnya sudah penuh dan boros kuota.

Hal tersebut sebenarnya wajar karena biasanya ukurn aplikasi yang terupdate akan lebih besar. Tidak hanya itu, cache aplikasi pun akan bertambah ketika kita melakukan update. Sehingga apabila kita mematikan fitur auto update tersebut, kita bisa lebih menghemat kuota bulanan dan space memori kita.

mematiakan update otomatis aplikasi android
Pada artikel kali ini akan saya berikan tutorial untuk mematikan fitur auto update aplikasi di Android tesebut. Bila berurusan dengan aplikasi Android tentu tak jauh dari Play Store, karena fitur auto update tersebut ada didalamnya.


Langsung saja kita simak bagai mana cara mematikannya

Buka aplikasi Google Play Store
Setelah membuka aplikasi Play Store pastikan kita telah login dengan akun Google. Karena biasananya fitur aplikasi tidak dapat dijalankan sebelum kita melakukan login. Kemudian pilih tab Menu di bagian pojok kiri atas.

menu Play Store

Cari opsi Setting di Menu
Kemudian masuk ke opsi Settings yang ada di Menu tadi.

Setting Play  Store

Klik pada Pilihan Auto Update Apps
Kita dapat memilih beberapa opsi untuk mematikan fitur auto update aplikasi.

mematiakan auto update aplikasi Play  Store

Pilih Opsi Auto Update Sesuai Keperluan
Terakhir tinggal kita pilih opsi auto update yang tersedia. Disini terdapat beberapa ketentuan yaitu sepenunya fitur auto update mati, auto update sepenuhnya hidup atau fitur auto update hanya aktif jika mengunakan wifi.

mematiakan update otomatis aplikasi Play  Store

Saran saya adalah sepenuhnya fitur auto update dimatikan apabila anda adalah pengguna MIFI. Karena android akan mendeteksi bahwa jika menggunakan Wi-Fi maka koneksi akan dianggap unlimited.
Setelah fitur auto update kita matikan, kita masih dapat melakukan update pada aplikasi. Caranya adalah kita tinggal mencari nama aplikasinya di Play Store dan melakukan update yang tersedia.

Penting

Walaupun fitur update sudah dimatikan namun beberapa aplikasi masih memiliki pengaturan individu seperti Facebook dan Instagram. Kedua aplikasi tersebut masih akan melakukan update jika terhubung ke wifi maupun tidak walaupun pada Google Play fiur auto update sudah dimatikan. Untuk mematikannya baca artikel yang pernah saya posting sebelumnya.

Baca : Cara Mematikan Auto Update Aplikasi Instagram


Nah itulah bagaimana cara mematikan fitur auto update pada aplikasi Andorid.
Previous
Next Post »

Berkomentarlah yang saling membangun dan sesuai topik yang diisajikan,
Dilarang menyematkan hal yang berbau link dan berkomentar kotor.
EmoticonEmoticon