Cara Simpel Dapetin Temen Asyik di Sosial Media


Mungkin sudah sering terdengar pribahasa tak kenal maka tak sayang. Nah itu pribahasa yang umumnya sering digunakan saat pribadi berkenalan dengan pribadi yang lain. Tapi faktanya walaupun udah kenal kadang malah garing kalau baru ngobrol. Nah gimana tuh kalau mendapatkan teman yang seperti itu?

Setelah membaca buku lama yang bersumber dari Internet Sehat pada bagian yang berjudul “Gimana Caranya Dapetin Teman yang syik di Social Media?” saya mendapatkan dorongan untuk membagikannya kepada pembaca Ragil Blog tentang cara dapaetin temen yang asyik. Mungkin tips ini dapat berguna bagi kalian yang emang suka nongkrongin sosmed atau sejenisnya di internet. Seprti ini nih caranya :
  1. Cari orang yang satu minat
    Maksudnya adalah apabila kita pengen menambahkan pertemanan atau following seseorang carilah akun yang akun tersebut beneran aktif dan real human. Artinya, mereka memang sungguhan ada, bukan akun bohongan atau anonim. Masalah asyik nggaknya dia bisa dilihat dari Timeline-nya. Kalau Timeline dia cocok buat kamu dan infonya bermanfaat, silakan saja di-follow atau di-add. Dengan begitu kamu bakal bisa berinteraksi ria karena orang yang kamu ajak ngobrol adalah orang sang sejalur sama kamu.
  2. Rajin nyapa
    Kalau udah ketemu teman yang asyik, coba sesekali disapa agar nggak dikira sombong. Tapi jangan lebay dan sok akrab juga, yang wajar-wajar aja nanti malah kamu bisa dianggep modus.Misalnya aja dia ngetwit atau posting sesuatu, cobalah kamu tanggapi. Ajak juga berdiskusi ringan soal isu yang lagi tren.Kalo memang seide, bakal seru deh. Belum lagi kalau ada orang lain yang ikutan nyamber, kamu bisa dapat teman baru lagi.
  3. Saling berbagi
    Sama kayak berteman di dunia nyata, teman di Facebook dan Twitter juga asyik kalau diajak saling berbagi. Berbagi info, curhat, berdiskusi tentang suatu isu terkini, bahkan menolong di saat dia sedang ada masalah.Semua bisa dilakukan walau kita hanya kenal di internet. Tapi janganlah berbagi konten-konten negatif. Saya sendiri berbagi di dunia internet melalui blog dan media sosial, sehingga alur komunikasi semakin dinamis.
  4. Mengenal lebih baik
    Kalau udah merasa, “Wah dia asyik nih orangnya”, cobalah kenali dia lebih baik lagi. Caranya dengan saling berinteraksi lebih intens tapi jangan sampe berbagi hal yang bersifat pribadi. Termasuk apabila identitasnya udah jelas, udah saling percaya nggak ada salahnya kalau kita tukaran nomor ponsel, PIN BB, agar komunikasi bisa lebih lancar.
  5. Kopdar
    Udah merasa cocok sama teman cyber-mu? Nah, bisa dicoba kita ajak ketemuan atau kopdar dianya. Sebaiknya kopdar rame-rame dulu sama sesama teman cyber lainnya, biar seru. Di kopdar ini kamu bisa dapat banyak kesempatan untuk menjalin kerjasama atau sekedar temanan baik juga oke. Nggak ada ruginya kan nambah temen, malah banyak untungnya, sebab bisa menambah wawasan dan pengalaman bertemu orang dari berbagai kalangan. Tapi perlu diinget jangan sekali bertemu seseorang yang belum pernah bertatap muka sebelumnya sendirian, cobalah mengajak teman dari rumah dan lakukan pertemuan di tempat umum. ( Tunggu Artikel Selanjutnya : Tips Kopdar yang Aman)
Nah itulah lima tips yang dapat kamu jalanin buat nyari temen yang asyik. Gimana? gampangkan. Tapi memang orang yang kita temuin gak selalu asyik, bahkan ada pula yang jahat. Sehingga kita perlu berhati-hati juga saat berinteraksi di ranah maya dan tetap menjaga privasi kita. Perlu juga kita menjaga norma agar kita terhindar dari cyberbullying. Jadi kalo udah merasa gak nyaman sama orang itu coba kita tetep jaga sifat dan menjaga perkataan. (Baca : Pentingnya Beretika di Internet)
Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
hadi salim
AUTHOR
March 17, 2015 at 2:08 PM delete

Setuju. Harusnya ini cukup membantu sih bagi mereka yang suka surfing di dunia maya seharian. Memang walau bagaimanapun dibutuhkan sesuatu usaha untuk memulai setiap hubungan. Dan lo membuatnya menjadi terkesan mudah. Keren banget gue yakin itu bisa membantu temen2 kita yang kebanyakan temen di dunia maya dan gak berani melangkah. Karena merasa diri mereka sendiri dan orang lain memiliki hubungan yang "maya".

Reply
avatar
Zoomx Satriyo
AUTHOR
March 20, 2015 at 8:07 AM delete

Betul sekali..kalau temen satu minat enak..bisa saling sharing..

Reply
avatar
faisal rezaf
AUTHOR
March 25, 2015 at 6:11 AM delete

tapi susahan di dunia nyata mas :3

Reply
avatar
March 25, 2015 at 7:40 AM delete

ah enggak juga bro, asal mau aktif tapi jangan terlalu agresif :D

Reply
avatar

Berkomentarlah yang saling membangun dan sesuai topik yang diisajikan,
Dilarang menyematkan hal yang berbau link dan berkomentar kotor.
EmoticonEmoticon