Konsep Dasar Web Browser

A. Pengertian

Web Browser adalah software yang fungsinya menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen yang disediakan server web dengan kata lain Web Browser, yaitu Software/program yang beroperasi untuk melakukan proses permintaan dari server dan menampilkannya di mata client, sehingga informasi tersebut dapat diakses.

Pengertian web browser atau internet browser adalah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk melintasi, mengambil, dan menyajikan sumber informasi di World Wide Web (WWW). Sumber informasi diidentifikasi dengan Uniform Resource Locator (URL) termasuk sebuah halaman web, gamber, video atau bagian lain dari konten web.


B. Jenis-jenis browser
Ada bermacam-macam browser yang bisa digunakan untuk menjelajahi internet.
Berdasarkan tampilan antar mukanya dapat dibedakan menjadi 2 yaitu browser dengan tampilan teks dan browser dengan tampilan gambar.

1) Browser Tampilan Teks

Untuk browser tampilan teks ini, hanya akan menampilkan isi dari suatu halaman web berupa teks saja. Tombol-tombol perintah juga hanya berupa teks. Untuk membedakan teks biasa dengan suatu link ke halaman lain, biasanya teks yang berupa link ini akan diberi warna yang berbeda dan kursor mouse juga akan berubah bentuk.
Macam-macam browser yang masih menggunakan tampilan teks antara lain Lynx, Links, eLinks, w3m, dan Netrik.
2) Browser Tampilan Gambar

Browser dengan tampilan gambar merupakan penyempurnaan dari browser dengan tampilan teks saja. Dengan tampilan gambar ini akan menghilangkan rasa bosan yang ada pada pengguna ketika menjelajah internet .

Perintah-perintah bisa dimunculkan dalam bentuk gambar yang lebih menarik daripada sekedar teks, walaupun ada juga sebagian perintah seperti link ke suatu halaman web yang masih ditampilkan dalam bentuk teks .

Macam macam browser dengan tampilan gambar ini antara lain Mozilla Firefox, Internet Explorer, MSN Explorer , Salamander, Google Chrome, Comodo Dragon, dan masih banyak lagi browser dengan tampilan antar muka grafis yang lain.

Ø Berdasarkan perangkat yang digunakan, browser dibedakan menjadi 2 yaitu :
Browser komputer yang digunakan untuk komputer dan browser handphone yang digunakan untuk handphone.

1) Macam Macam Browser Komputer

Banyak sekali browser yang khusus diciptakan untuk komputer, baik itu komputer dengan sistem operasi Windows, Linux, maupun Macintosh.Masing-masing browser ini mempunyai spesifikasi khusus yang tidak bisa dipakai untuk Sistem Operasi lain. Bermacam-macam browser untuk komputer antara lain Mozilla Firefox , Internet Explorer, Opera, Safari, dan masih banyak lagi macam-macam browser yang lain

2) Macam-macam Browser untuk Handphone

Kebanyakan browser saat awal diciptakannya memang dikhususkan untuk pada komputer. Tetapi seiring dengan berkembangnya teknologi handphone, maka browser untuk handphone juga mengalami perkembangan yang cukup pesat.
Macam macam browser untuk handphone ini antara lain Opera Mini, Bolt, UCWeb, Firefox, Tea Shark, dan lain-lain.

Ø Beberapa browser komputer dan penjelasannya:

1. Netscape Navigator,
Netscape Navigator merupakan browser web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan Internet Explorer dari Microsoft, yang dibuat oleh Netscape Corporation. Pada zamannya, Netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa web browser berbasis grafis yang lainnya saat itu.Browser ini merupakan salah satu dari browser tertua dengan maraknya evolusi internet.
Dan menurut wikipedia netscape navigator ini adalah browser web gagasan mozilla firefox. Tapi sayangnya netscape navigator ini telah dihentikan dukungannya oleh pihak pendukung yaitu AOL dan memberikannya kepada mozilla foundation.

1) Kelebihan :
- Stabil jika digunakan untuk surfing, browsing, upload, dan download
- Netscape navigator adalah browser web yang merupakan gagasan bagi browser Mozila FireFox.

2) Kekurangan :
Ø Tampilan GUI ( Grapical User Interface ) kurang bagus atau kasar.
2. Internet Explorer
Windows Internet Explorer sebelumnya dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE adalah sebuah peramban web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis system operasi Microsoft Windows tahun 1995. Internet Explorer hingga kini masih merupakan browser web yang paling banyak digunakan, meliputi 93,7 % dari keseluruhan penggunaan browser menurut sebuah perusahaan penganalisa web Web Side Story.

Kelebihan
1) Menyediakan Add – Ons, walaupun tidak sebanyak Firefox
2) Khusus IE8, tampilannya lebih elegan dan menarik
3) Bagi pengguna Windows Live maka akan dimanjakan dengan tab bookmark yang terhubung ke fitur – fitur milik windows live.

Kekurangan
1) Gagal membaca script dibeberapa halaman situs ( khususnya CSS )
2) Berat saat awal start dan saat membuka tab baru
3) Internet Explorer 8 mudah dan pernah dijebol dengan hacker
4) Internet Explorer 8 mengambil 380 MB space memori computer dengan 2 GB memori di OS Vista, sedangkan versi yang sbelumnya hanya membutuhkan 159 MB memori.
5) Beberapa situs web mungkin tidak ditampilkan secara benar dan tidak berfungsi dengan baik padahal pada versi sebelumnya hal ini tidak terjadi.


3. Opera
Opera adalah browser internet, paket perangkat lunak internet antar platform.
Opera browser ini dibuat oleh Opera software yang ada di Oslo, Norwegia.
Pengembangan Opera dimulai pada tahun 1994. Kala itu Opera merupakan sebuah proyek penelitian di Telenor, perusahaan telekomunikasi terbesar di Norwegia.
Opera dikenal memiliki banyak fitur yang akhirnya ditiru oleh kompetitornya. Dan juga opera browser ini hanya memiliki pangsa yang sedikit. Tetapi untuk penjelajahan internet di hp opera minilah yang nomer satu

Opera dikembangkan oleh software company adalah salah satu Web Browser dan juga internet suite. Jika firefox punya add – ons, Opera punya “Opera Widgets”. Sebuah aplikasi web kecil yang dilankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add – Ons Firefox.

Kelebihan :
1) Ringan
2) Memiliki email client dan rss sendiri, jadi tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook, Thunderbird dan lainnya.
3) Pemanggilan kembali cache sepat
4) Diklaim sebagai browser tercepar di dunia ( pada versi turbo )
5) Fitur keamanan situsnya lebih lengkap untuk menangkal virus dari internet yang merusak dan mevuri data dari computer anda.

Kekurangan :
1) Agak lambat dalam membaca script pada beberapa halaman situs
2) Untuk mengupdatenya harus mendownload kembali file masternya
3) Sering error jika digunakan untuk menyimpan halaman
4) Tidak bisa meneriman format tetentu seperti XML dan ada beberapa situs developer game yang tidak bias dibuka.
4. Mozilla firefox
Mungkin banyak pengguna internet yang sudah mengenal Web Browser satu ini. Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Situs : http://www.mozilla.com/firefox/ Web Browser berlogo kucing api ini menjadi pilihan untuk banyak pengguna internet diseluruh dunia.

Kelebihan :
1) Banyak fitur tambahan ( add ons ), ibarat kepingan puzzle, add ons ini bias dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan user
2) Bandel, cocok untuk membuka situs – situs multimedia
3) Updatenya mudah
4) System security kuat

Kekurangan :
1) Mozila Firefox tidak memiliki pertahanan yang cukup bagus terhadap serangan popup bila kita membuka website dengan banyak popup, yang bisa mengganggu kenyamanan browsing.
2) Loading lama saat mulai start, apalagi jika banyak adds-on yang terinstall.
3) Mozilla firefox, seperti browser lain, pada umumnya tidak memiliki pertahanan yang baik untuk menangani malware. Malware adalah sejenis virus yang menginfeksi computer yang biasanya untuk mencuri data – data computer yang diinfeksi.
4) Mozilla firefox sering crash terhadap aplikasi – aplikasi lain di computer, sehingga komputer tidak dapat digunakan karena hang.
5) Mozilla firefox memakan memori yang sangat besar. Apalagi kalau membuka banyak tab atau windows sekaligus.

5. Google Chrome
Web Browser buatan Google ini mulai banyak digunakan oleh pencinta internet, Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium. Situs :http://www.google.com/chrome Google Chhrome membutuhkan memory yang lebih sedikit dibandingkan dengan Mozila Firefox dan ukuran aplikasinya lebih kecil.

Kelebihan :
1) Ringan dan gesit, termasuk ketika start pertama kali dan berpindah tab
2) Desainnya simpel dan minimalis
3) Updatenya mudah
4) Sistem security kuat, saat ini menjadi browser yang paling tahan terhadap serangan hacker
5) Google menanamkan opsi “Make Aplication Shortcut” . dengan feature ini sebuah aplikasi web seperti Gmail atau Google Teader dapat dijalankan lewat shortcut pada dekstop atau star menu. Sehingga seperti aplikasi lokal.
6) Pada setiap tab yang dibuka di chrome memiliki proses yang terpisah, sehingga ketika eror/crash pada salah satu tidak akan menyebabkan seluruh browser eror. ( ini kekurangan yang terdapat pada FIREFOX dan browser lainnya ).

- Kekurangan :
1) Statis, fiturnya kurang banyak
2) Instalnya harus online, crome tidak menyediakan file masterya, jadi kalau mau menginstal hanya diberi file lauchernya saja.
3) Untuk kecepatannya masih bisa dibilang kurang stabil, karena saat mencoba membandingkannya dengan FireFox, terlihat jauh lebih lama dalam proses loading.
4) Karena bisa dibilang browser yang dalam masa pertumbuhan, tampilan yang ditayangkan oleh chrome kurang menarik, dan bisa dibilang hampir sama dengan tampilan aplikasi opera.

6. Safari Browser

Safari adalah browser internet buatan Apple inc. Safari browser berlogo gambar kompas ini ditujukan oleh sistem operasi MAC OS, tapi sekarang sudah bisa dipasang di OS keluarga windows. Browser Safari sekarang ini merupakan browser andalan untuk produk buatan Apple seperti komputer Mac, tablet iPad, ponsel iPhone, dll.
Safari dibuat oleh Apple Inc, perusahaan yang juga memproduksi computer macintosh, ipod, dan juga iphone. Dibangun dengan browser engine webkit. Webkit juga adalah browser engine pertama yang lulus test Acid3.
Kelebihan :
1) Tampilannya cantik ( cirri khas produk apple )
2) Ada fasilitas untuk memperkecil bandwith
3) Lebih cepat dari opera ( bukan turbo )
Kekurangan :
1) Sering macet ( app crash ) pada versi windowsnya
2) Plug in / Add On lebih sedikit daripada Mozzila atau Opera

8. Flock
Flock adalah web browser yang dibangun dengan code mozila firefox yang web browser ini khususkan menyediakan social networking dan web 2.0. Flock didesain untuk memudahkan aktivitas online pengguna internet mengatur beberapa secial networking, web mail, news feeds dan blogs yang mereka miliki. Dengan menggunakan Flock mereka dapat dengan mudah menjelajah, berbagi, dan menikmati content maupun menjalin hubungan di situs pertemanan yang mereka inginkan.
- Kelebihan :
1) Untuk kelebihan mungkin tidak berbeda jauh dengan flock terdahulu, mungkin karena sudah menggunakan chrome ( google ) sebagai engine basednya maka kecepatan menjelajahnya semikin cepat.
2) Lebih simpel dan minimalis
- Kekurangan :
1) Belum terintegrasi dengan IDM jadi buat nyedot – nyedot belum terasa full
2) Instalisasinya harus online
Flock, browser berbasis situs komunitas. Browser yang mengambil teknologi Firefox ini memang menjadikan halaman awalnya sebagai penyedia beberapa situs vendor berbasis situs atau media untuk komunitas. Halaman awal ini tetap muncul walau komputer anda dalam keadaan offline dan beberapa vendor yang dipasang adalah :
  • Youtube, sebagai media broadcasting
  • Gmail dan Yahoo mail, untuk membuka email
  • Blogger untuk anda yang hobi nge blog
  • Facebook, myspace dan digg untuk yang selalu ingin berhubung dengan sahabat anda di internet
  • Photobucket, tinypic dan Picasa untuk sharing foto kepada orang yang anda inginkan
  • Delicious dan magnolia untuk melihat bookmark anda secara online

9. Avant Browser


Avant Browser adalah browser yang cepat, stabil, user-friendly, dan merupakan multiwindow browser. Memang engine yang dipakai adalah engine IE. Akan tetapi Avant Browser memiliki kelebihan dibandingkan IE. Situs : http://www.avantbrowser.com/download.html



10.
Deepnet Explorer
Deepnet Explorer adalah sebuah penjelajah web. Deepnet Explorer sudah mendukung fitur tab browsing untuk halaman multiple. Situs :http://www.deepnetexplorer.com/



9. Wyzo
Wyzo ini merupakan browser yang memprioritaskan kemampuan browsernya pada pengguna yang banyak melakukan download media, seperti video, mp3, dll.
Browser ini merupakan browser yang dikhususkan untuk Mac OS

10. Desktop Web Browser
Dengan desktop web browser ini, anda dapat melihat halaman web atau berselancar di dunia maya langsung dari desktop dan juga menyimpannya sebagai wallpaper dengan Desktop Web Browser ini.

11. COMODO DRAGON
Comodo Dragon merupakan salah satu chrome based browser yang benar – benar berfokus pada security dan privacy anda saat browsing di internet. Fitur comodo dragon antara lain meningkatkan keamanan privacy, SSL certificate identification, stabilitas yang lebih tinggi, incognito mode stops cookies.
Dengan fitur keamanan yang super tinggi ini, tentu saja mengurangi kecepatan browsing anda karena sebelum website ditampilkan dihalaman browser, website tersebut terlebih dahulu melalui beberapa pengecekan untuk memastikan keamanannya.
Comodo akan melakukan validasi SSI, menghetikan cookies dan spy, serta mencegah didownloadnya tracking dari browser anda oleh web – web yang anda kunjungi.
Kelemahan comodo dragon adalah versi chrome basednya yang masih tertinggal jauh dari versi chrome saat ini.

12. SEA MONKEY
Sea Monkey atau lengkapnya Mozilla Sea Monkey adalah suatu internet suite, yang merupakan gabungan web browser untuk menjelajah internet, e-mail client untuk menerima dan mengirim e-mial, news client untuk menerima berita dan HTML editor untuk menyunting halaman – halaman website yang menggunakan HTML ( Hyper Text Mark-Up Language ).
Dahulunya perangkat lunak ini bernama mozilla Aplication Suite, yang merupakan pengembangan dari netscape navigator buatan Netscape Communications Corporation ( yang sudah bubar ). Sea Mongkey merupakan perangkat lunak yang bersifat free software, open source, dan cross – plasform. Dikembangkan secara bersama oleh suatu komunitas yang dipimpin oleh Sea Monkey Council ( Dewan Sea Monkey )
Kelebihan
1) Bisa berguna untuk email dan browser sekaligus.
2) Penterjemahan website – website yang berbahasa asing ( China, Jepang, Korea, Spanyol, dll ) ke bahasa inggris, yang lebih mudah dimengerti.
3) Dapat memfilter email spam ataupun virus.
Kelemahan :
1. Ada beberapa jenis web yang tidak mau dan tidak bisa dibuka.
13. COMODO DRAGON
Comodo Dragon merupakan salah satu chrome based browser yang benar – benar berfokus pada security dan privacy anda saat browsing di internet. Fitur comodo dragon antara lain meningkatkan keamanan privacy anda, SSL certificate identification, stabilitas yang lebih tinggi, incognito mode stops cookies.
Dengan fitur keamanan yang super tinggi ini, tentu saja mengurangi kecepatan browsing anda karena sebelum website ditampilkan dihalaman browser, website tersebut terlebih dahulu melalui beberapa pengecekan untuk memastikan keamanannya.
Comodo akan melakukan validasi SSI, menghetikan cookies dan spy, serta mencegah didownloadnya tracking dari browser anda oleh web – web yang anda kunjungi.
Kelemahan comodo dragon adalah versi chrome basednya yang masih tertinggal jauh dari versi chrome saat ini.

14. MAXTHON

Maxthon awalnya dikenal sebagai MyIE2, adalah sebuah browser web gratis untuk Microsoft Windows. Rilis terbaru, Maxthon 3, mendukung baik Trident dan Webkit mesin render.
Maxthon memenangkan CNET WebWare 100 Awards pada tahun 2008. ( 3 ) dan 2009, ( 4 ) dan # 97 dalam daftar PCWorld tentang 100 produk terbaik 2011 menurut CEO Internasional
Maxthon adalah slah satu dari dua belas browser microsoft disajikan pada tahun 2010 di Browser Choice.eu, sebuah website yang memungkinkan pengguna dari Microsoft Windows yang berada di wilayah Ekonomi Eropa untuk memilih browser default web mereka ingin untuk digunakan pada komputer mereka ( 17 )

Kelebihan :
1) Mempunyai screen capture, untuk membuat screenshot pada web.
2) Pada sidebar sebelah kiri ada sidebar khusus untuk pengguna facebook. Dengan sidebar tersebut kita dapat melihat status teman kita.
3) Ringan tidak banyak makan resource

Kekurangan :
1) Interfacenya tidak enak dilihat, terasa jadul.
2) Manajemen tabnya agak aneh.

15. SILVER LIGHT
Microsoft silver light adalah sebuah kerangka aplikasi untuk menulis dan menjalankan aplikasi internet kaya, dengan fitur dan tujuan mirip dengan Adobe Flash. Lingkungan run – time untuk silver light tersedia sebagai dukungan pengembangan plug – in untuk browser web yng berjalan di bawah Microsoft Windows dan Mac OS X. sementara versi awal silver light difokuskan pada media straming, versi saat ini dukungan multimedia, grafis dan animasi, dan memberikan untuk CLI bahasa dan alat – alat pembangunan. Silver light adalah juga salah satu dari dua platform pengembangan aplikasi untuk windows phone.
Kelebihan
1) Silver Light mencakup subset dari teknologi Windows Presentation Fuundation ( WPF ), yang sangat memperluas elemen dalam browser untuk membuat UI. WPF memungkinkan anda membuat immersive gratis, animasi, media, dan fitur lainnya klien kaya, memperpanjang browser berbasis UI melampaui apa yang tersedia dengan HTML saja.
2) Silver Light menyediakan ekstensi untuk bahasa scripting browser yang universal yang memberika control atas UI browser, termasuk kemampuan untuk bekerja dengan elemen WPF.
3) Silver Light diintegrasikan dengan Java Script yang ada dan ASP.NET AJAX kode untuk melengkapi fungsi yang telah anda buat.
4) Jaringan dukungan. Silver Light termasuk dukungan untuk HTTP melalui TCP. Anda dapat terhubung ke WCF, SOAP, atau ASP. NET AJAX layanan dan menerima XML, JSON atau data RSS.
Kekurangan :
1) Kekurangan Silver Light hanya satu adalah bahwa klien perlu menginstal runtime siver light.
C. Tujuan
Tujuan utama web browser adalah untuk membawa sumber informasi kepada pengguna. Proses ini dimulai ketika pengguna memasukan sebuah Uniform Resource Identifier (URL), Misalnya http://catatantempel.blogspot.com ke dalam browser.
Sumber yang telah diambil web browser akan ditampilkan. HTML ditampilkan ke mesin tata letak browser, dan akan diubah dari markup ke dokumen interaktif. Selain dari HTML, web browser umumnya bisa menampilkan setiap jenis konten yang menjadi bagian dari suatu halaman web.
Kebanyakan browser dapat menampilkan gambar, audio, video, dan file XML, dan sering mempunyai plug-in untuk mendukung aplikasi flash dan applet java. Jika menemui tipe file yang ditetapkan untuk didownload, maka browser akan meminta pengguna untuk menyimpan file ke disk.
Berikut adalah fungsi- fungsi pada web browser :
a. Caching
Bertujuan untuk mereduksi penggunaan bandwidth, mengurangi kesibukan web server, mencegah terjadinya lag. Dengan cara menyimpan data dan instruksi yang sering digunakan/diakses.

b. Authentication
Authentication adalah suatu proses untuk melakukan validasi terhadap identitas user, yang ditujukan untuk menentukan apakah seorang user diperkenankan untuk mengakses jaringan. Contoh authentication yang paling sering ditemui adalah saat kita diharuskan untuk memasukkan username dan password.

c. State Maintenance
Sebuah mekanisme untuk memastikan bahwa web browser tetap stabil baik untuk merequest ataupun untuk merespon.

d. Requ/esting supporting data item
Mekanisme yang dilakukan untuk meminta item yang mendukung data yang diminta oleh user. Contoh: flash player plugin.

e. Taking action in responses to other header & status code
Setiap kali mengunjungi suatu halaman web, komputer akan meminta data dari server melalui HTTP. Bahkan sebelum halaman yang diminta akan ditampilkan dalam browser, web server akan mengirimkan header HTTP yang memiliki kode status. Kode status inilah yang menyediakan informasi tentang status permintaan.

f. Rendering complex object
Proses menangkap segala sesuatu yang ada di dalam halaman web serta efek-efek yang terdapat didalamnya. Sehingga halaman yang ditampilkan sesempurna mungkin.

g. Dealing with error condition
Handling atau penanganan error yang terjadi.
Ø Bagian-bagian dari browser termasuk:

1. Status Bar : adalah kotak di bagian bawah jendela browser. Status bar menampilkan segala macam informasi, tergantung pada apa yang dilakukan saat itu. Sebagian besar untuk menunjukan kecepatan beban URL dari alamat yang sedang ditunjuk oleh mouse.
2. Address Bar : adalah kotak di bagian atas jendela browser yang menampilkan seluruh URL atau alamat situs web.
3. Title Bar : Bar judul ada di bagian paling atas jendela browser. Judul halaman web ada di sana, misalnya Anda akan melihat "Catat dan Tempel" ketika membuka situs http://Catatantempel.blogspot.com
4. Toolbar Ikon. Toolbar dan ikon perusahaan browser yang ada di bagian atas kanan jendela browser, di bawah Tittle Bar. Di sinilah akan terlihat tombol Back, tombol Home, tombol Refresh, dll.
5. Display Window. Jendela Display hanyalah istilah mewah untuk ruang kerja browser. Ini berupa frame di mana akan terlihat halaman website.
6. Scroll Bar. Jika anda membuka situs web dan Anda harus "scroll ke bawah" untuk membaca sesuatu, maka anda menggunakan scroll bar.

Ø Cara Kerja Web Browser:
Di sini akan sedikit diuraikan bagaimana suatu halaman website bisa ditampilkan di layar monitor.
Misalkan saya ingin membuka sebuah situs, kemudian saya mengetikkan alamat URL dari blog yang dituju pada browser. Kemudian alamat tersebut akan dilewatkan oleh suatu protocol HTTP melewati port 80 atau 443 pada server. Web browser akan mengirimkan suatu aturan yang biasa disebut protocol, protocol yang biasa digunakan adalah TCP/IP. Setelah dikirimkan ke web server, maka web server akan merespon request dari web browser tersebut. Web server akan memeriksa web file, apakah ada atau tidak alamat yang di request oleh browser tadi dan mengirimkan kembali, lalu browser akan menerjemahkan coding HTML yang dikirimkan oleh server menjadi suatu halaman web. Namun jika halaman tersebut tidak ada di dalam web server maka respon yang dikirimkan berupa pesan dengan kode 404 yang berarti tidak ditemukan.
D. Manfaat
1. Untuk membuat aplikasi Web, dalam hal ini kita menggunakan HTML. Di sini membutuhkan suatu editor yang berguna untuk mengetik, mengedit atau menyimpan dokumen-dokumen HTML Editor untuk mendesain suatu Web dibagi 2 yaitu WYSIWYG (Graphic) Editor, antara lain Notepad dan Ultra Edit, dan Editor WYSIWYG, antara lain Netscape dan Front Page.

2. Sebuah web browser adalah aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan dan berinteraksi dengan teks, gambar, video, musik dan informasi lainnya biasanya terletak pada halaman Web pada sebuah situs web di World Wide Web atau jaringan area lokal. Teks dan gambar pada halaman Web dapat berisi hyperlink ke halaman Web lain pada website yang sama atau berbeda. Web browser memungkinkan pengguna untuk dengan cepat dan mudah mengakses informasi yang disediakan pada banyak halaman Web di banyak situs dengan melintasi link tersebut. Format web browserHTML untuk menampilkan informasi, sehingga penampilan halaman Web mungkin berbeda antara browser.

3. Untuk menampilkan halaman-halaman web yang terdapat di internet, selain itu kita dapat menyimpan website tersebut dan dapat kita panggil lagi kemudian (Bookmark), website juga dapat disimpan (save) hingga informasi-informasi di dalamnya dapat kita ambil.

4. Menanamkan konten eksternal: Dalam Catatan ada cara untuk melakukannya, di web mudah dengan iFrame, seperti misalnya halaman pelacakan paket dari DHL untuk urutan saat ini.

5. Mesin pencari: Dalam Catatan pada dasarnya Anda terjebak dengan built-in mesin, di web yang dapat di lakukan mesin sendiri, sebagai hasil pencarian dapat diarahkan ke file teks, dan disajikan melalui agen LS sebagai halaman web.

6. Aksesibilitas: Bila Anda bepergian, perlu memiliki komputer Anda dengan Catatan Anda selalu dengan Anda. Di web, Anda dapat pergi ke warnet, atau menggunakan ponsel Anda dan hanya log in


Sumber : dikuitp dari modul pembelajaran Pemograman Web SMKN 2 Depok Sleman
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
March 11, 2015 at 10:06 AM delete

secara konsep'a artikel'a bagus bro, saya malah baru tau banyak browser juga sekarang saya malah cuma baru tau 5 browser aja
good job buat ente sob :D

banyak belajar saya disini :D

Reply
avatar

Berkomentarlah yang saling membangun dan sesuai topik yang diisajikan,
Dilarang menyematkan hal yang berbau link dan berkomentar kotor.
EmoticonEmoticon