Kartu Antar Muka Jaringan (Network Interface Card)

9/11/2014
a. PCI Adapter
image
PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah jenis adapter jaringan yang menggunakan PCI sebagai interface untuk terhubung ke motherboard. Ada dua macam pemakaian yaitu yang untuk adapter jaringan kabel dan untuk adapter jaringan wireless atau jaringan nirkabel. Gambar diatas menunjukkan slot PCI pada motherboard komputer dan kartu jaringan PCI untuk untuk wireless.
Sedangkan untuk yang menggunkan konektor RJ-45 terdapat interface RJ-45 pada bagian belakangnya. Dengan kata lain port yang digunakan dapat bervariasi tergantung NIC yang menggunakan interface apa pada portnya.

b. USB Adapter
image
USB (Universal Serial Bus) adalah standard Bus serial yang mempunyai design asimmetris dan di design sebagai slot yang sangat praktis untuk menghilangkan perlunya tambahan slot PCI pada komputer. Dengan menggunakan slot USB untuk terhubung ke computer tentunya sangat memudahkan dalam pemasangannya, salain itu USB juga memiliki fitur Pnp(Pulg n Play).
Sampai saat ini NIC yang berbentuk USB hanyalah NIC yang berteknologi wireless.
c. CardBus /PCMCIA
image

Kartu jaringan Cardbus atau PCMCIA yang dipakai pada slot Cardbus atau PCMCIA dari notebook. Kartu jaringan dari jenis Cardbus ini lebih banyak dipakai untuk kartu jaringan wireless juga, walaupun pada awalnya banyak diproduksi adapter LAN dengan speed 10 Mbps di era laptop jaman dulu yang tidak dilengkapi dengan kartu jaringan onboard, sekarang sudah tidak ada lagi dipasaran untuk Cardbus kartu LAN 10 Mbps. Sekarang kartu jaringan Cardbus banyak dipakai untuk kartu jaringan wireless baik dari standard 802.11b/g/n.


d. ExpressCard
image

Expres Card digunakan pada Notebook . Keuntungan utama dari technology ExpressCard dibanding CardBus adalah peningkatan bandwidth yang sangat dramatis dibanding technology CardbusExpress Card menggunakan PCIe sehingga kecepatannya lebih cepat. ExpressCard mempunyai kapasitas keluaran bandwidth maksimum sampai 2,5 Gigabit per second melalui PCI Express dan keluaran dari USB 2.0 sampai 480 Mbps khusus untuk masing-2 slot ExpressCard. Sementara untuk Cardbus menggunakan share bus dengan keluaran maksimum sampai 1,06 Gigabits per second saja secara sharing bersama-sama. Sementara itu, power yang dipakai hampir separuh (1.5 V dan 3.3 V) dari power yang dipakai Cardbus (3.3 V dan 5.0 V).


e. PCI Express USB 3.0 Adapter
image


Dengan memanfaatkan slot PCIe, USB port PCI Express adapter menggunakan slot stersebut sebagai interfacenya. PCIe adapter ini mengusung port USB 3.0 SuperSpeed.













Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berkomentarlah yang saling membangun dan sesuai topik yang diisajikan,
Dilarang menyematkan hal yang berbau link dan berkomentar kotor.
ConversionConversion EmoticonEmoticon