Apa Saja Keuntungan Menggunakan Honda Smart Technology?

Ragil Triatmojo 4/12/2015


keuntungan teknologi pintar honda
Setelah membahas detail pengertian dan keunggulan Honda Smart Technology, pada kesempatan kali ini saya akan membahas keuntungan dari teknologi pintar Honda (Baca : Berkendara Cerdas Bersama Honda Smart Technology ).

Mungkin kita akan bertanya-tanya setalah membaca pos sebelumnya, yaitu kita akan bertanya tentang keuntungan apa yang akan kita dapatkan apabila kita menggunakan motor matic Honda yang telah mengusung Honda Smart Technology. Keuntungan tersebut didapatkan karena motor matic honda mengunakan kombinasi teknologi pintar dengan berbagai macam fitur yang canggih yang akan memanjakan pengendaranya.

Berdasarkan fiturnya, teknologi pintar Honda dibagi menjadi 6, yaitu:
  1. Enhanced Smart Power (eSP) 
  2. PGM-FI Fuel Injection 
  3. Idling Stop System (ISS) 
  4. Combi Brake System (CBS) 
  5. Answer Back System (ABS) 
  6. LED Headlight
Dari ke-6 fitur tersebut pastinya memiliki keuntungan yang sangat terasa manfaatnya. Mari langsung saja kita simak keuntungan Honda Smart Technlogy bagi kita.

1. Keuntungan Enhanced Smart Power (eSP)
ESP kelebihan


Pada pos sebelumnya telah dijelaskan bahwa eSP memberikan pembakaran yang sempurna dimana penyebaran bahan bakar yang merata akan menghasilkan energi yang optimal. Keuntungan yang didapatkan dari pembakaran yang sempurna adalah iritnya bahan bakar karena bahan bakar yang dikeluarkan tidak terbuang sia-sia. Selain menjadi irit, pembakaran yang sempurna tentu akan memiliki kekuatan yang lebih powefull. Tenaga yang powerfull tentunya juga akan menambah peforma serta lebih responsif.

Perlu diketahui bahwa tenaga yang powerfull bukan berarti mesin cepat panas. Keunggulan breather passage dan built in liquid cooling system yang akan mengantisipasi panas tersebut. Dengan begitu mesin akan tetap terjaga kesetabilan suhunya dan tidak cepat panas.

Keuntungan lainya adalah starter yang responsif namun tidak berisik. Keuntungan tersebut didapatkan karena disematkannya sistem starter AGC (Alternating Current Generator) dimana saat kita menyalakan motor dengan starter maka tidak terdengar suara gigi starter. Jadi kita dapat menjaga ketenangan saat menghidupkan motor ketika malam hari dimana orang-orang sudah lelap tertidur. Fitur ini sangat berguna apabila kita berada di perumahan yang padat dimana sering terjadi kebisingan karena suara motor.

Lalu keuntungan eSP yang selanjutnya adalah kehalusan mesin. Pada eSP metode transmisi telah disempurnakan sehingga mesin terdengar lebih halus. Apabila kita berjalan di gang yang sempit tentu saja tingkat kehalusan mesin yang akan membuat kenyamanan lingkungan. 

2. Keuntungan PGM-FI Fuel Injection

keuntungan pgm fi

Sekarang ini sudah banyak kendaraan bermotor yang menggunakan injeksi sebagai penyuplai bahan bakar untuk mesin, namun bukan berarti semua injeksi memiliki kualitas yang sama. Belum masalah keiritan dan kemudahan perawatannya.






Honda memberikan lebih dari pada yang lain dalam hal itu, yaitu :
  1. Lebih ramah lingkungan
    Lebih ramah lingkungan karena PGM-FI telah memenuhi Standar Euro 3 dengan emisi gas buang yang rendah.
  2. Perawatan lebih mudah
    PGM-FI didukung oleh MIL (Malfuction Indicator Lamp) untuk mengidentifikasi gangguan mesin melalui jumlah kedipan lampu sehingga membantu perawatan menjadi lebih mudah. Sehingga kita akan tahu apabila terjadi kerusakan, perawatan juga dipermudah dengan adanya bengkel resmi Honda di setiap kota yang siap melayani Anda.
  3. Lebih irit dan lebih bertenaga
    PGM-FI (Programmed Fuel Injection) dikendalikan secara elektronik untuk memasok bahan bakar dan oksigen secara tepat sesuai kebutuhan mesin di setiap keadaan. Keuntungan yang di dapat dari sistem tersebut tentunya nahan bakar yang dikeluarkan akan sesuai dengan keperluan yang kita butuhkan sehingga lebih irit.
  4. Lebih mudah menghidupkan mesin
    Keuntungan PGM-FI adalah mesin mudah dihidupkan karena PGM-FI cocok disegala kondisi suhu termasuk suhu di Indonesia.
  5. Aman menggunakan premium
    Keuntungan yang paling menggembirakan adalah PGM-FI dapat menggunakan premium yang ada di SPBU di Indonesia, dengan arti lain  kita tidak perlu mencemaskan konsumsi bahan bakar.
  6. Mendapatkan garansi  selama 5 tahun
    Salah satu keuntungan lain yang paling WOW. Kenapa? Karena layanan Honda memberikan GARANSI 5 TAHUN ! Ini merupakan keuntungan yang sangat menakjubkan karena mendapatkan garansi yang terbaik.

3. Keuntungan ISS (Idling Stop System)

keuntungan ISS
Idling Stop System, fitur yang otomatis akan mematikan mesin apabila berhenti selama 3 detik. Fitur ini sangat berguna apabila kita sedang menunggu lampu merah. ISS dapat mengurangi terbuangnya bahan bakar saat kita berhenti, keuntungan yang kita peroleh lainya yaitu kita tidak perlu repot-repot lagi mematikan motor secara manual. Tidak hanya itu, apabila mesin mati karena ISS kita tidak perlu menghiduipkannya melalui starter namun kita hanya cukup memutar tuas gas kembali. Sangat praktis bukan?

4. Keuntungan CBS (Combi Brake System)

keuntungan CBS
Apabila kita berada di kepadatan lalu lintas tentu saja kita memerlukan keterampilan dalam mengendalikan laju kendaraan. Ya, hal itu sangat perlu karena dengan padatnya kendaraan maka ruang jarak pengreman juga akan semakin sempit. Namun hal tersebut dapat dipermudah dengan Combi Brake System yang ada di motor matic Honda. Seperti penjelasan sebelumnya, CBS akan melakukan pengereman secara ganda apabila kita menarik tuas rem belakang. Dengan begitu kita mendapatkan keuntungan yaitu kita tidak perlu repot menarik kedua tuas rem apabila ingin mendapatkan pakem-nya rem kendaraan.

5. Keuntungan ABS (Answer Back Syatem)

manfaat ABS
Telah dijelaskan bahwa ABS merupakan sistem penanda yang menggunakan sinyal radio melalui remote. Keuntungan yang dapat kita nikmati dari fitur ini adalah akan membantu kita saat berada pada tempat parkir yang padat dan luas. Kita hanya tinggal menekan tombol dan kita dapat segera mengetahui letak motor kita dengan mudah tanpa harus pusing tujuh keliling mencari motor kita  dengan melihat plat motor ataupun ciri khusus lainnya. ABS juga cocok banget buat anak muda, karena dengan adanya ABS kita akan lebih terlihat keren.

6. Keuntungan LED Headlight

led
Siapa sih yang gak mau melihat jalan dengan jelas saat dimalam hari? Dengan teknologi LED kita mendapatkan cahaya yang cukup untuk menghilangkan gelapnya jalann malam.  Dibandingkan jenis lampu motor lain LED merupakan yang paling unggul karena hemat energi dan menghasilkan cahaya yang sangat terang. Oleh sebab itu Honda menggunakan LED untuk salah satu fitur pintarnya. Keuntungan lain apabila menggunakan LED adalah masa pakai yang lama bila dibandingkan dengan lampu lain. Dengan masa pakai yang lama tentu kita tidak perlu takut lampu cepat mati, karena LED juga tahan akan getaran.




Setelah membaca keuntungan dari teknologi pintar Honda kita dapat menyimpulkan bahwa Honda Smart Technology menghadirkan sebuah kendaraan yang ramah lingkungan, hemat, dan bertenaga. Selain itu, teknologi pintar Honda juga sesuai dengan keadaan geografis Indonesia. Sehingga kita tidak perlu ragu dengan Honda Smart Technology. Yuk mari kita berkendara dengan cerdas bersama Honda Smart Technology !








Artikel Terkait

Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar
14 April 2015 pukul 13.00 delete

mantap memang honda baru esp ini, selalu memberikan yang terbaik untuk masyarakat indonesia :)

Reply
avatar
14 April 2015 pukul 13.06 delete

wah ulasan yang menarik mengenai motor esp honda ini :)

Reply
avatar
ASETIAWAN
AUTHOR
16 April 2015 pukul 11.09 delete

Semoga sama-sama menang ya....

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
16 April 2015 pukul 12.19 delete Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avatar
Unknown
AUTHOR
16 April 2015 pukul 12.42 delete

wah infonya keren abis bang makasih udah nambah ilmu pengetahuan ane bang hehehhehehehe

Reply
avatar

Berkomentarlah yang saling membangun dan sesuai topik yang diisajikan,
Dilarang menyematkan hal yang berbau link dan berkomentar kotor.
ConversionConversion EmoticonEmoticon