Berkendara Cerdas Bersama Honda Smart Technology


Sempat bingung saat mencari sepeda motor bebek matic? Ya, mungkin hal itu pernah terjadi karena sekarang ini banyak sekali kendaraaan bermotor yang menerapkan berbagai teknologi dan fitur istimewa pada produk garapannya yang memiliki kelebihan masing-masing. Sehingga kita perlu cerdas dalam menentukan pilihan tersebut, namun Honda akan memberikan solusi dari kebingungan  Anda. Solusi untuk kebingungan Anda adalah dengan memilih teknologi pintar #hondasmarttech milik Honda dengan keunggulan tiada duanya sehingga Anda menjadi pengendara dengan pilihan yang cerdas.  Honda mempersembahkan teknologi pintar terbarunya yang dikemas dalam Honda Smart Technology.

 Honda Smart Technology

honda smart technology
Apa itu Honda Smart Technology? Honda Smart Technology adalah kombinasi teknologi pintar Honda yang diterapkan pada sepeda motor matic Honda dengan berbagai macam fitur yang canggih yang akan memanjakan pengendaranya. Fitur dan teknologi yang dikemas dalam Honda Smart Technology diantaranya sebagai berikut :
  1. Enhanced Smart Power (eSP)
  2. PGM-FI Fuel Injection
  3. Idling Stop System (ISS)
  4. Combi Brake System (CBS)
  5. Answer Back System (ABS)
  6. LED Headlight

Berikut penjelasan masing-masing fitur yang telah saya sebutkan dan alasan mengapa Anda harus memiliki teknologi pintar Honda yang terbaru ini.

1. Enhanced Smart Power (eSP)
ESP

eSP adalah singkatan dari Enhanced Smart Power yaitu fitur yang akan menambah irit motor Honda dengan efisien, walaupun hemat bahan bakar peforma motor yang menggunakan eSP ini  akan tetap bertenaga dan memiliki peforma yang tinggi.

Hebatnya lagi motor Honda dengan eSP menggunakan starter berjenis AGC (Alternating Current Generator) dimana saat kita menyalakan motor dengan starter maka tidak terdengar suara gigi starter yang pada umumnya bersuara kasar, dengan kata lain starter AGC ini tidak menimbulkan bunyi saat kita menyalakannya. Selain keunggulan starter AGC, teknologi eSP juga memiliki keunggulan lainnya seperti :
  • Roller Rocker Arm yaitu penyempurnaan skuter matic Honda dengan laher bambu pada as rocker arm dan memiliki ukuran roller yang lebih kecil. Jadi lebih ringan dan gesekannya berkurang.
  • Compact Combustion Chamber pada ruang bakar disempurnakan dengan menghilangkan hambatan pada saluran masuk bahan bakar. Sehingga aliran kabut bahan bakar akan lebih lancar.
  • Offset Cylinder & Spiny Sleeves, Offset cylinder adalah posisi piston dan setang piston saat TMA (titik mati atas) yang tidak sejajar dengan posisi sumbu kruk as. Manfaat yang akan dida[at dari hal itu adalah ketika kompresi, gesekan antara piston dan dinding silinder semakin kecil. Piston dan setang piston akan bergerak tegak lurus tanpa menekan dinding silinder secara berlebih.
    Sedang Spiny Sleeve adalah lapisan yang menyerupai kulit jeruk di balik dinding silinder. Fungsinya untuk melepas panas lebih cepat. Teknologi yang sama juga diterapkan pada blok silinder Honda CBR 250R.
  • Light Weight Piston & Crankshaft, yaitu piston yang digunakan lebih ringan bila dibandingkan dengan komponen terdahulu. Pin dan rumah pin piston dibuat lebih kecil, selain ringan juga mengurangi bidang gesek antara piston dan dinding silinder. Sedang kruk as dibuat lebih kuat dan mengurangi getaran.
  • Breather Passage,dimana di balik blok silinder selain ada jalur air radiator juga terdapat lubang pendinginan. Lubang ini mengalirkan uap panas di dalam mesin ke luar. Pada model sebelumnya panas hanya dibuang lewat jalur rantai keteng. Dengan adanya dua jalur pendingninan ini pasti akan jadi lebih dingin dan mesin lebih ringan bekerja.
  • Built in Liquid Cooling System adalah sistem pendinginan air pada eSP engine yang diklaim lebih baik. Kini jalur airnya tidak hanya terdapat pada kepala silinder tapi juga ada di balik dinding silinder. Selain itu radiatornya memiliki core atau sekat lebih banyak.
  • V-Matic, transmisi otomatis pada eSP engine memiliki rasionya lebih lebar dan dirancang dengan belt baru dengan elastisitas karet yang tinggi. Efeknya lebih awet dan mengurangi gejala selip.
  • Squish, merupakan komponen yang berfungsi agar pengapian lebih baik dan pembakaran lebih cepat.
  • Tumble, merupakan komponen yang berfungsi agar penyebaran bahan bakar yang merata dan menjadikan pembakaran lebih baik.
  • Transmission memiliki penyempurnaan pada gigi transmisi di belakang CVT juga banyak mengalami perubahan. Utamanya dengan konstruksi rib atau tulangan baru, Honda pun bisa mengurangi jumlah olinya agar lebih ringan bekerja. Beberapa bearing juga ditambahkan agar gigi transmisi lebih halus dan bebas getaran.

2. PGM FI Fuel Injection

pgm fi
Teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection) dikendalikan secara elektronik untuk memasok bahan bakar dan oksigen secara tepat sesuai kebutuhan mesin di setiap keadaan. Dengan pemasokan bahan bakar dan oksigen  yang tepat maka akan menghasilkan tenaga optimal secara efisien dengan emisi yang ramah lingkungan dan sesuai kebutuhan juga tetap bertenaga. PGM FI diklaim 30 % lebih irit dari yang lain. Daripada itu coba bayangkan dengan harga BBM yang terus melambung, tentunya kita harus selektif dalam mencari injeksi benar-benar irit dan jawabannya adalah PGM FI Honda.

Adapun keunggulan menggunakan PGM-FI, yakni :
1. Lebih ramah lingkungan
2. Lebih bertenaga
3. Perawatan lebih mudah
4. Lebih irit bahan bakar
5. Lebih mudah menghidupkan mesin
6. Aman menggunakan premium
7. Mendapatkan garansi  selama 5 tahun

image 

3. ISS (Idling Stop System)

ISS
Merupakan fitur premium kelas dunia, dimana ISS akan meningkatkan efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang yang lebih baik sehingga akan lebih ramah lingkungan. Prinsip kerja dari ISS adalah apabila kendaran berhenti lebih dari 3 detik maka mesin akan mati, tetapi mesin akan otomatis menyala apabila kita memutar tuas gas dan kita tidak perlu untuk menghidupkan lewat starter lagi.

Dengan begitu kita akan mebih hemat bahan bakar saat berada di persimpangan jalan. Karena ISS mencegah bahan bakar terbuang sia-sia maka teknologi ISS ini sangatlah cocok digunakan di jalanan yang macet dan kita tidak perlu repot mematikan mesin dengan manual. Namun apabila kita tidak ingin mengunakannya ISS dapat dimatikan melalui tombol idling pada bagian kanan disamping gas.

4. CBS (Combi Brake System)

CBS
CBS merupakan teknologi yang akan menyeimbangkan pengereman secara optimal pada rem belakang dan rem depan. Pengoperasiannya juga sangat mudah yaitu dengan menarik tuas ram kiri maka rem belakang dan rem depan akan berkombinasi dengan serasi. Dengan teknologi CBS kita tidak perlu repot-repot lagi menekan kedua tuas rem untuk menghentikan laju kendaraaan.




5. ABS ( Answer Back Syatem)

ABS
ABS merupakan sistem penanda yang menggunakan sinyal radio melalui remote. Fitur ini sangat membantu saat kita berada pada tempat parkir yang padat, sehingga kita dapat mengetahui letak motor kita dengan mudah. Cara kerja ABS sendiri yaitu saat remote ditekan yang sudah terintegrasi dengan kunci, motor akan memberi tanda berupa suara yg dihasilkan buzzer dan kedipan dari lampu sein depan - belakang sehingga pengendara dapat segera mengetahui dimana posisi motornya disimpan.

ABS juga bakal buat pengendara tampil keren, saat orang lain sibuk mencari motornya yang berdesakan, dengan ABS kita dapat sekali klik dan langsung mengetahu posisi motor kita. Dengan begitu juga kita dapat menghemat waktu. Selain menghemat waktu fitur ABS ini juga sangat bermanfaat bila kita sedang berada dalam keadaan darurat.


6. LED Headlight

led
Teknologi LED yang terkenal hemat namun memiliki sorot cahaya yang terang juga di usung dalam Honda Smart Technology. Walaupun cahaya yang dihasilkan lebih terang namun tingkat panas yang dihasilkan oleh LED lebih rendah juga umur pakainya juga lebih lama. Dengan pencahayaan yang baik tersebut maka efisiensi yang didapatkan akan lebih baik.

Teknologi LED yang memiliki sorot cahaya yang terang sangat membantu pengelihatan kita apabila kita berada pada jalanan yang sangat gelap dan tanpa marka jalan. Sehingga kita dapat meminimalisir kecelakaan karena keterbatasan jarak pandang apabila malam hari.


Bagaimana? Menarik bukan fitur-fitur yang diusung dalam Honda Smart Technology, atau sudah tidak sabar untuk segera memesannya sekarang?

Ya, setelah kita membaca penjelasan fitur teknologi pintar milik Honda yang merupakan fitur premium dan canggih pastinya kita akan dimanjakan dengan kenyamanan dan manfaatnya. Pengalaman saya menggunakan PGM-FI sendiri sangatlah terasa, apabila dibandingkan dengan injeksi lain PGM-FI lebih terasa enteng saat melakukan tarikan. Saya sebagai pelajar yang sehari-hari menempuh perjalanan sekitar 28 KM juga merasa sangat hemat apabila menggunakan matic Honda yaitu Beat FI.

Setidaknya saya selalu mengisi motor dengan Pertamax senilai Rp 25.000 (sekitar 2,3 liter) dan dapat bertahan sekitar 4 hari dengan kecepatan rata-rata 60-65 Kmh. Karena kebanyakan saya menggunakan motor hanya untuk ke kampus maka dapat dihitung bahwa dengan Rp 25.000 Pertamax saya dapat berjalan sejauh 112 KM. Itu pun belum terhitung bila saya terkena macet jalanan karena lalu lintas yang padat. Dari hal tersebut saya tidak heran apabila orang-orang mengatakan bahwa Honda adalah produsen motor yang terkenal irit dan bandel. Itu saja belum yang menggunakan seluruh fitur yang dikemas dalam Honda Smart Technology, kalau sudah mengunakan seluruh fitur Honda Smart Technology tidak terbayang seberapa hematnya. Walaupun hemat tapi bertenaga tapi kita harus tetap mematuhi aturan dan teruslah safey ridding. 

Lalu produk Honda apa yang sudah menggunakan Honda Smart Technology?

Untuk saat ini produk Honda yang sudah menggunakan teknologi pintar tersebut adalah All New Beat eSP, Vario 150 eSP, Vario 125 eSP dan All New PCX . Produk tersebut dapat dilihat rinciannya pada situs resmi welovehonda[dot]com.

(Next Article : Apa Saja Keuntungan Mengunakan Honda Smart Technology? )

Bagaimana? Sudahkan Anda siap berkendara cerdas bersama Honda Smart Technology? Let's go and ride the perfection !

Biar kamu lebih tau tentang Honda Smart Technology, coba simak video berikut.


Deskripsi
Memperkenalkan motor matic pintar dengan fitur Honda Smart Technology yang mengusung fitur : Enchanced Smart Power (eSP), PGM-FI Fuel Injection, Idling Stop System (ISS), Combi Brake System (CBS), Answer Back System (ABS), dan LED Headlight. Teknologi pintar dengan fitur yang efisien untuk menghemat bahan bakar sekaligus buat kamu lebih cerdas dalam berkendara yang tentunya keren. #hondasmarttech
Previous
Next Post »

Berkomentarlah yang saling membangun dan sesuai topik yang diisajikan,
Dilarang menyematkan hal yang berbau link dan berkomentar kotor.
EmoticonEmoticon