Mengatasi Masalah Obtaining IP Address pada Android

9/10/2017

Wifi di gadget Android kamu sering bermasalah stuck dan looping di proses scanning, connecting, dan obtaining IP Address saat pengen terhubung di @wifi.id ? Pasti sangat menyebalkan jika kita ingin berinternet ria dengan wifi namun terganjal masalah tersebut.

Mengatasi Masalah Obtaining IP Address pada Android


Sebelumnya, ide untuk membuat artikel ini keluar saat saya dan teman-teman sedang berada di Wifi Corner @wifi.id di sekitaran Titik Nol Kilometer Jogja. Memang pada awalnya gadget saya bisa normal terhubung, namun milik teman saya tidak bisa dan setelah saya coba putuskan koneksi lalu mencoba menghubungkan juga jadi tidak bisa. Padahal suasana saat itu cukup sepi, hanya sekitar 12 orang sedangkan kalau di logika sistem user manager pasti menggunakan lebih dari 252 IP Address yang dapat disewakan.

Sebagai orang yang bergelut di dunia jaringan pun saya juga sempat berfikir bahwa AP yang digunakan sudah cukup 'lelah' karena jarang di reboot. Selain itu juga ada faktor lain, daripada kelamaan langsung saja kita bahas beberapa faktor dan cara untuk mengatasi wifi stuck dan looping di proses scanning, connecting, dan obtaining IP Address.

Obtaining IP Address

Arti secara bahasa status Obtaining IP Address adalah perangkat kita sedang mennunggu untuk mendapatkan alamat IP secara dinamis. Jika perangkat kita stuck di status ini ada beberapa kemungkinan teknis yaitu :
  1. Hostname ada yang sama
  2. MAC address kita diblokir router
  3. DHCP Server error/down
  4. Ada fitur wifi yang mengganggu
  5. Sistem wifi error
  6. Frekuensi dual-band
  7. IP yang dapat disewa telah penuh

Hostname Sama

Hal ini belum terbukti di Android, namun dulu saat menggunakan Windows ternyata hostname yang sama dapat mengganggu konketivitas jaringan.

Untuk mengganti hostname perankat kita di Android juga cukup mudah. Cukup masuk pengaturan wifi, lalu pilih menu opsi. Pilih Wifi Direct. Lalu ubah nama  device.

MAC Address Diblokir

Jika ini yang terjadi maka tidak ada yang dapat dilakukan untuk terhubung ke jaringan wifi, untun dapat terubung kita pelu mengganti alamat MAC

DHCP Server-Relay Error

Hal ini sangat wajar jika terjadi di tempat wifi corner, karena biasanya sistemnya menggunakan topologi yang memanfaatkan server dan akses poin. Dengan topologi seperti itu walaupun kita dapat terhubung ke AP namun server sedang error maka kita tidak dapat mendapatkan alamat IP. Hal ini dapat diketahui jika semua orang yang menggunakan layanan wifi mengalami hal yang sama, yaitu tidak mendapatkan alamat IP. Jadi solusinya coba hubungi penyedia layanan wifi tersebut.

Fitur Tambahan Wifi Mengganggu

Yang saya maksud disini adalah fitur advance pada wifi yaitu Avoid Poor Connection. Namun fitur ini   tidak tersedia disemua perangkat Android.

Untuk melihatnya coba buka pengaturan wifi kemudian pilih menu Advanced pada opsi menu. Jika ada fitur tersebut matikan saja agar wifi dapat terhubung walaupun dengan status yang lemah.

Sistem Wifi Error

Hal ini biasanya disebabkan oleh bug dalam software. Saat saya coba mencarinya pun di beberapa sumber dikatakan file "dhcpcd-run-hooks" yang terletak di "/system/etc/dhcpcd/dhcpcd-run-hooks" bermaslaah. Untuk mengatasinya dapat dengan mengubah akses file tersebut ke RW melalui ADB.

Wifi Dual-band

Yang saya maksud disini adalah perangkat yang memiliki frekuensi 2.4 dan 5.8 Ghz, di gadget saya sendiri support kedua frekuensi tersebut. Namun hal tersebut tidak menjadi maslaah karena frekuensi 5 Ghz yang ada tidak otomatis aktif jika tidak dihidupkan. Nah bagi yang sama namun fiturnya dual standby mungkin ini mengganggu karena beberapa senior saya mengatakan sering ada gangguan jika perangkat gadget menggunakan dua frekuensi bersamaan. Mungkin bisa begitu karena chipset wifi terbebani sehingga sedikit hang saat melakukan ACK.

IP Penuh

Jika memang ini yang terjadi maka tidak ada yang kita lakukan selain menunggu alamat IP yang dapat kita gunakan.

Jika beberapa masalah teknis yang saya sebutkan diatas tidak ditemukan gejalanya mungkin memang kita harus sedikit bersabar. Karena terkadang wifi umum sering mengalami hal seperti itu.

Cara lainnya adalah coba matikan gadget (jangan hanya restart) kemudian copot batre. Jika gadgetnya batre tanam coba full shutdown saja kemudian hidupkan kembali setelah 5-10 menit. Ini hal yang paling mudah dilakukan dan prosdur yang paling umum jika terjadi maslah dengan perangkat kita.

Contoh hal lain yang berkaitan dengan wifi publik di Jogja, yaitu wifi dengan SSID JOGJA-ISTIMEWA yang tersebar antara Tugu Pal Putih - Alun-alun Utara Kraton Yogyakarta. Jika saya lihat sistem wifi publik tersebut menggunakan usermanager mikrotik yang servernya ada di salah satu server pusat. Jadi tiap titik memiliki pemancar  sebagai repeater dan yang lainya hanya sebagai AP.

Saat saya coba beberapa waktu yang lalu pun sistem sering gagal mendapatkan IP dan gagal masuk ke login page walaupun sudah terhubung. Hal ini tentu sebuah gangguan yang umum terjadi. Tidak hanya itu, gangguan tersebut juga membuat keberadaan wifi tersebut manjadi tidak bermanfaat bagi wisatawan jika terhubung saja tidak bisa.

Nah mungkin itu saha yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat bagi wifi mania.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berkomentarlah yang saling membangun dan sesuai topik yang diisajikan,
Dilarang menyematkan hal yang berbau link dan berkomentar kotor.
ConversionConversion EmoticonEmoticon