Menggunakan iASL untuk Compile dan Decompile DSDT

Banyak cara patching DSDT dan banyak pula tool yang dapat digunakan untuk mengedit DSDT. Untuk keperluan patching SSDT/DSDT kita terkadang juga membutuhkan beberapa command iASL melalui Terminal. Contohnya saja untuk melakukan decompile dengan file refs.txt yang digunakan untuk memperbaiki error di beberapa deklarasi method ACPI.

Tidak hanya itu, dengan iASL melalui Terminal kita dapat melakukan compile atau decompile dengan cepat tanpa harus satu persatu. Sehingga bisa dikatakan lebih effisien.

install iasl di macOS
Untuk dapat menggunakan iASL sendiri kita dapat menggunakan 2 metode. Yaitu;
  1. Menaruh file iASL satu folder bersama file DSDT/SSDT.
  2. Menaruh file iASL di /usr/bin
Inti dari kedua metode tersebut sama, namun saya lebih menyukai metode ke 2 karena lebih simple dan kita bisa bebas menggunakan command iASL tanpa harus memiliki filenya di folder tertentu. Dengan kata lain metode instalasi ke 2 kita memasukan command iASL kedalam terminal. Sehingga terminal dapat mengeksekusi perintah yang berkaitan dengan iASL secara langsung.

Download iASL Untuk insatalsinya sendiri cukup mudah. Pertama kita hanya memerlukan file iASL.zip dari repositori milik RehabMan. Untuk mendaptkannya dapat di buka di link berikut.
https://bitbucket.org/RehabMan/acpica/downloads/
Untuk hardware lawas bisa memilih versi 5.1 sedangkan hardware terbaru seperti Haswell-Kabylake bisa menggunakan versi yang terbaru. 
Pindahkan File iASL  Kemudian ekstrak file iASL.zip lalu kita copy atau move file iASL tersebut ke direktori /usr/bin. Dapat menggunakan File Manager Finder ataupun Terminal.

Jika melalui Finder kita cukup mengcopy file iASL > Pilih menu Go di menu tab > Pilih Computer  > Pilih Partisi Mac Anda > Pilih Folder usr > Pilih folder bin > Kemudian paste dan isikan password.

direktori /usr/bin

Untuk command melalui Terminal sendiri kurang lebih seperti berikut.
sudo cp iasl /usr/bin
Pastikan kita sudah didalam folder dimana kita mengekstrak iASL saat menjalankan command tersebut. 

Memastikan Instalasi Berhasil
Untuk memastikan kita telah memasukan file iasl ke folder yang benar maka kita dapat menjalankan perintah dibawah ini di terminal

iasl -v
Maka hasil outputnya akan menunjukan versi iASL yang kita gunakan seprti ini.
iASL sukses

Decompile

Command untuk melakukan decompile pada iASL ada beberapa cara diantaranya dengan file refs.txt atau tanpa file tersebut. Biasanya saya seniri melakukan decompile menggunkan perintah

iasl -da -dl refs.txt *.aml
Dengan perintah tersebut iasl akan melakukan decompile pada seluruh file AML yang ada di dalam  satu folder.

Compile

Sedangkan untuk melakukan compile ulang secara massal kita dapat menggunakan perintah
iasl *dsl
Hanya seperti itulah cara memasang dan mengguna kaniASL. Jika masih bingung bisa kita diskusikan di kolom komentar. Seluruh credit saya berikan kepada pengembang dan RehabMan.
Previous
Next Post »

Berkomentarlah yang saling membangun dan sesuai topik yang diisajikan,
Dilarang menyematkan hal yang berbau link dan berkomentar kotor.
EmoticonEmoticon