Penelitian: Smartphone Membuat Kita Bodoh


Sekarang ini generasi muda-tua mana yang tidak menggunakan smartphone untuk menunjang kegiatan berkomunikasi? Hampir seluruhnya menggnakan smartphone untuk kebutuhan mobilitas, komunikasi, hiburan, bahkan bisnis. Dengan begitu smartphone sangatlah membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Namun saat saya membaca salah satu artikel dari situs Internet Sehat ternyata smartphone malah membuat kita menjadi bodoh. Hal tersebut didasarkan oleh sebuah penelitian yang dijelaskan dibawah ini.

Dikatakan bahwa kecenderungan seseorang saat ini adalah pengguna tidak bisa lepas dari smartphone mereka. Hal ini bisa berdampak negatif, yaitu bukannya tambah pintar, tetapi sebaliknya yaitu smartphone tersebut membuat penggunanya menjadi bodoh dan malas.

Penelitian menemukan bahwa orang yang memiliki keterampilan kognitif yang kuat menghabiskan lebih sedikit waktu pada perangkat smartphone mereka dibandingkan dengan mereka yang memiliki keterampilan kognitif lebih rendah. Mereka yang berpikir analitis juga menggunakan ponsel mereka lebih jarang karena mereka mengingat hal-hal atau menyelesaikan masalah dengan kekuatan diri mereka sendiri. Para peneliti juga mengklaim bahwa smartphone yang membuat kita kurang mampu berpikir untuk diri kita sendiri.

Studi ini mengatakan bahwa smartphone membuat orang lebih malas daripada sebelumnya karena pengguna melihat smartphone sebagai perpanjangan pikiran mereka. Artinya, jika menemukan kesulitan, pengguna cenderung tidak mau susah untuk berpikir dalam menyelesaikan kesulitan tersebut. Mereka cenderung langsung menggunakan smartphone, googling (mencari di mesin pencari Google) dan menyelesaikan masalah dengan hasil googling tersebut.

Meng-googling informasi yang tidak diketahui kini mengganti rasa ingin tahu alami, sebuah tren yang akan bertambah buruk di masa depan. Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti di University of Waterloo di Ontario dan melibatkan 660 orang. Tim melihat berbagai ukuran kekuatan otak dan keterampilan kognitif mulai dari intuitif untuk analitis, bersama dengan kemampuan verbal dan berhitung.

Peneliti juga meminta semua orang mengambil bagian untuk menuliskan kebiasaan mereka ber-smartphone. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang jelas antara sedikit waktu yang dihabiskan di smartphone dan keterampilan kognitif yang lebih kuat dan kemauan besar untuk berpikir dengan cara yang analitis.

Penelitian ini tentu saja sebuah usaha yang sangat bagus dalam mengungkapkan dampak buruk smartphone terhadap kegiatan olah pikir manusia. Dengan smartphone yang ada di tangan, manusia kini cenderung mengandalkan smartphone dalam menyelesaikan masalah dengan cara mencari informasi di dalamnya. Smartphone kini dijadikan perpanjangan pikiran manusia. Akibatnya makin sedikit manusia yang memiliki kemampuan kognitif dan analisis yang kuat.

Sumber : Internet Sehat (dengan sedikit penyesuaian).

BACA JUGA : 
Cara Menjaga Anonimitas Saat Mengakses Internet
Previous
Next Post »

10 komentar

Write komentar
March 11, 2015 at 11:16 AM delete

oalah.. yaudah mending gk usah pake semartpon :v
nice artikel

Reply
avatar
March 11, 2015 at 11:18 AM delete

:v dibaca dulu gan :v itu yang buat bodoh tingkah penggunaan yg mana :v :D

Reply
avatar
Bilik Android
AUTHOR
March 11, 2015 at 8:22 PM delete

terkadang, tetapi tergantung kita dalam menggunakannya gan.

Reply
avatar
Aprianto Apri
AUTHOR
March 11, 2015 at 9:41 PM delete

well... klo smartphone itu bikin ketergantungan.. jadi smartphone itu Narkoba dung...

Reply
avatar
Aprianto Apri
AUTHOR
March 11, 2015 at 9:46 PM delete

hahaha... ini artikel membuat saya berhipotesis.. bahwa smartphone termasuk jenis narkoba...

Reply
avatar
Aprianto Apri
AUTHOR
March 11, 2015 at 9:48 PM delete

hahaha... ini artikel membuat saya berhipotesis.. bahwa smartphone termasuk jenis narkoba...

Reply
avatar
Aprianto Apri
AUTHOR
March 11, 2015 at 9:50 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Defty Susanti
AUTHOR
March 13, 2015 at 10:43 PM delete

bener sekali gan. Sesuatu itu jika di gunakan dengan bijak akan memberikan manfaat untuk kita,..

Reply
avatar
March 15, 2015 at 10:39 AM delete

saya sih pengguna hp samsung lipet yang bukan smartphone ._.
apa sang penulis ini smartphone user??

Reply
avatar
March 15, 2015 at 10:03 PM delete

gadget cuma buat mobile blogging sama komunikasi kok 😀

Reply
avatar

Berkomentarlah yang saling membangun dan sesuai topik yang diisajikan,
Dilarang menyematkan hal yang berbau link dan berkomentar kotor.
EmoticonEmoticon